4 tahun yang lalu
Oleh: Aditya Irawan

PRODUKSI KASUR KARPET, TANGAN-TANGAN KERIPUT YANG MASIH BERGULAT DI ERA DIGITAL


Ingat Kasur Ingat Kubang Sukamukti

Ingat Kasur Ingat ibu-ibu renta pembuatnya

Ingat perjuangannya bertahan hidup!


Inilah sisi lain kehidupan di Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, para pengrajin kasur yang saat ini masih eksis walau terdesak hebat oleh barang pabrikan.  Banyuresmi tidak sekedar Situ Bagendit, tidak saja menjadi ikon tukang cukur kaliber nasional. Juga banyak hal unik lainnya.   


Kali ini saya ingin menceritakan tentang pengrajin kasur. Kerajinan kasur ini merupakan salah satu usaha yang ditekuni oleh masyarakat desa saya. Terutama oleh para warga di Kp. Kubang Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi.  Kerajinan kasur sudah berlangsung turun temurun sejak lama, dan sekarang menjadi cara bertahan hidup warga, bahkan ibu-ibu yang sudah keriput dimakan usia.



Di Kp. Kubang  Desa Sukamukti tiap rumah penuh dengan kasur yang sedang dibuat, tiap haripun jika anda berjalan melewati  Kp.Kubang pasti selalu ada orang yang lagi membuat kasur. Kasur yang dibuat dinamakan “Suret”, Suret singkatan dari kasur karpet. Tiap kasur memiliki bahan yang lembut, serta nyaman buat dipakai, tidak hanya lembut dan nyaman saat dipakai kasur buatan kp. Kubang ini memiliki ragam warna yang sangat menarik.

Kasur menjadi salah satu penggerak ekonoi warga. Tiap beberapa bulan warga kp. Kubang selalu meninggalkan kampung halamannya sendiri, dan pergi menjual kasur kasur yang telah di buat, kasur kasur itu mereka jual  ke luar wilayah Garut menggunakan truck. Itulah sisi produktif kampung kami, terus berjuang hidup dengan apa adanya di tengah modernisasi di segala bidang termasuk pada industri kasur yang semakin hari semakin menggilas usaha warga kampung kami.


#klipaa

#desasukamukti

#desasukamuktibanyuresmi

#surpet

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.